Minggu, 15 Maret 2015





10 Merek Indonesia yang Sukses Mendunia



10 Merek Indonesia yang Sukses Mendunia
Oleh: Valerie Krul

Indonesia dikenal dengan budaya, pusaka, kekayaan alam, pemandangan indah, pariswisata, dan kulinernya. Namun, tidak banyak yang tahu bahwa produk-produk Indonesia banyak yang dijual di seluruh dunia. Di bawah ini, misalnya, adalah 10 merek produk asal Indonesia yang telah sukses secara internasional:
1. Indomie/PT Indofood Sukses Makmur: Indomie adalah sebuah merek produk mie instan dari Indonesia. Siapa yang tidak kenal? Indofood menguasai pasar yang tinggi di Indonesia bahkan di dunia. Produk mie instan dari Indomie itu dikonsumsi oleh 80 negara di Asia, Australia, Amerika Serikat, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Indomie sangat populer karena sering mengajukan produk dengan rasa-rasa baru dan harga pun terjangkau.
2. J.CO Donuts & Coffee: didirikan oleh pengusaha asal Indonesia Johnny Andrean pada tahun 2005. Dengan konsep “open kitchen”, yang saat itu masih baru, J.CO menjual aneka macam donat yang lebih kecil dan renyah. Selain donat, J.CO juga menjual aneka minuman panas maupun dingin, sandwich, dan frozen yoghurt dengan berbagai topping. J.CO sudah membuka banyak gerai di Indonesia, Malaysia, Singapura, Filipina, dan Cina.
3. Touchten: developer game mobile yang baru didirikan 5 tahun yang lalu oleh Dede Indrapurna bersama Anton dan Rokimas Soeharyo. Touchten mengkhususkan diri dalam permainan mobile untuk Android dan iOS. Hingga kini, mereka sudah memproduksi 20 permainan mobile yang dimainkan sekitar 9 juta orang di seluruh dunia. Permainan Hachiko, salah satu game yang diproduksi Touchten, berhasil masuk daftar 10 besar game yang paling diunggah di Apple App Store di Indonesia, Jepang, dan Amerika Serikat.
4. Mayora: PT Mayora Indah adalah perusahaan yang memproduksi minuman dan makanan olahan yang didirikan pada tahun 1977. Sekarang, Mayora mempunyai enam divisi, yakni: permen, cokelat, biskuit, wafer, kopi, dan makanan kesehatan. Produk-produk Mayora dijual di 50 negara seluruh dunia. Produk-produk terkenal yang diproduksi oleh Mayora di antaranya: Kopiko, Danisa, Beng-Beng, Astor, Torabika, dan Energen.
5. Yupi: merek permen jeli dari Indonesia. Permen jeli tersebut berisi gelatin, agar-agar, glukosa, gula, penyedap rasa, jus buah, dan vitamin. Yupi menjadi salah satu produsen permen jeli yang terbesar dan tersukses di Asia. Selain di Asia, permen Yupi dijual di Amerika Utara, Australia, Timur Tengah, dan Eropa.
6. Triple S: merupakan singkatan dari Sinjaraga Santika Sport. Perusahaan tersebut memproduksi sepak bola dan mengekspor sekitar sejuta sepak bola per tahunnya ke Asia, Eropa, Timur Tengah, dan Afrika. Triple S didirikan oleh Irwan Suryanto pada tahun 1995. Perusahaannya pemasok resmi bola untuk Piala Dunia sejak Piala Dunia di Perancis pada tahun 1998. Triple S juga pemasok resmi untuk Piala Dunia 2014 yang lalu di Brazil.
7. Tolak Angin/ PT Industri Jamu Sido Muncul:Perusahaan ini memproduksi jamu tradisional. Tolak Angin adalah produk paling terkenal dan dijual di seluruh dunia. Minuman Kuku Bima Ener-G Drink sangat popular di Filipina dan Nigeria. Perusahaan tersebut memimpin pasaran di Indonesia.
8. Javara: sebuah merek yang menjual lebih dari 400 macam produk organik, seperti garam laut, yang diproduksi petani lokal. Javara didirikan oleh Helianti Hilman. Menurutnya, Javara merupakan sebuah “social enterprise” yang membantu para petani lokal. Mayoritas produk dari Javara sudah dijual di Asia, Amerika Serikat, dan Eropa.
9. Achilles: sebuah merek ban yang diproduksi oleh perusahaan produsen ban Indonesia, PT Multistrada Arah Sarana. Sebelumnya, perusahaan tersebut berlaku sebagai produsen untuk merek-merek ban lainnya. Namun, pada tahun 2001 Multistrada meluncurkan merek sendiri dengan nama Achilles. Multistrada mengekspor Achilles ke lebih dari 80 negara. Tahun lalu, produksi tahunan mereka mencapai 10 juta ban mobil dan 6 juta ban motor. Penjualan ban Achilles mencapai hingga 324 juta dolar, 70 persen didapatkan melalui ekspor.
10. Kedaung (KIG): Kedaung Industrial Group (KIG) didirikan oleh Agus Nursalim pada tahun 1969. KIG merupakan salah satu produsen barang pecah belah dan keramik terbesar di dunia. Pabrik KIG tersebar di Indonesia, Malaysia, Singapura, dan Cina. Produk-produk merek Kedaung dijual di 120 negara di seluruh dunia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar