Minggu, 15 Maret 2015

Padangbai: Harta Karun Tersembunyi di Bali


 padangbai

Bali memang menjadi tujuan populer para wisatawan untuk menikmati pantainya. Namun, tidak terpungkiri lagi bahwa hampir semua pantai di Bali tampak tercemar oleh pariwisata massa. Jangan khawatir, Pulau Dewata ini masih memiliki beberapa pantai tersembunyi yang perlu Anda injak pasirnya.
Padangbai adalah salah satu contoh paling tepat. Padangbai terletak di sebuah teluk kecil di timur Bali, jaraknya sekitar 50 km dari Kuta. Sebenarnya, Padangbai dikenal sebagai tempat pelabuhan feri tujuan Lombok dan Kepulauan Gili. Tapi, buat apa menyeberang lagi jika Anda juga bisa menikmati keindahan alam yang sama indahnya di Padangbai?
Di Padangbai, Anda bisa temukan nuansa desa yang murni dan pantai berpasir putih dan halus yang dikenal sama orang lokal sebagai Blue Lagoon yang terletak di bagian utara teluk. Di sisi selatan teluk juga terdapat sebuah pantai yang bahkan lebih menakjubkan disebut Bias Tunggal Beach, juga dikenal sebagai Secret Beach.
Di Blue Lagoon Beach, Anda bisa melakukan kegiatan snorkeling atau menyelam. Pada kondisi cuaca yang berangin, arus gelombang mungkin terlalu kencang buat snorkeling, jadi pastikan berkunjung ketika cuacanya lebih tenang. Jangan khawatir jika tidak memiliki peralatan snorkeling, karena Anda bisa menyewanya di pantai dengan harga yang murah.
Kehidupan makhluk laut di sana pasti akan membuat Anda takjub. Ada beberapa jenis hiu karang, ikan lepu batu, belut jenis moray dan pita biru, siput laut, ikan pari, cumi-cumi, gurita, moray dan belut pita biru, nudibranch, sinar, cumi-cumi dan gurita, ikan stargazer dan bahkan Napoleon Wrasse yang besar!
Dan jika Anda selesai bersantai-santai di pantai, snorkeling atau menyelam, Anda bisa meluangkan waktu untuk makan di salah satu tempat makan seafood di Padangbai. Semua letaknya sangat dekat, Anda bisa berjalan dari satu ujung kota ke ujung kota lain dalam waktu 15 menit. Anda  juga bisa menginap dan tinggal di salah satu akomodasi yang tersedia di sana.
Jika masih punya waktu tersisa, Anda bisa mengunjungi Pura Silayukti, tempat Empu Kuturan pertama kali memperkenalkan sistem kasta pada abad ke-11. Anda bisa menemukan pura ini di ujung utara teluk, tidak jauh dari pantai Blue Lagoon.
Jadi, pastikan Anda mampir ke Padangbai jika berada di Bali. Anda pasti tidak akan ingin mengambil feri ke Lombok atau Kepulauan Gili lagi. (HN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar