Minggu, 15 Maret 2015

Ulasan: Meraba Indonesia


 11990399

Ekspedisi “Gila” Keliling Nusantara
Ahmad Yunus (370 hal., Serambi 2011).
Mungkin kata “gila” di atas cukup tepat menggambarkan pengalaman yang dialami dua wartawan kawakan tanah air, Farid Gaban dan Ahmad Yunus, yang mengelilingi Indonesia hanya dengan mengendarai sepeda motor win 100 cc bekas selama hampir setahun.
Dalam catatan perjalanannya dalam buku ini, mereka mengajak para pembaca melihat ruang dan kehidupan Indonesia lain yang jauh dari khayalan kota Jakarta. Para pembaca ikut mengunjungi pulau-pulau serta daerah-daerah terluar, terdalam, dan bersejarah di Nusantara. Dari Sabang sampai Merauke, dari Miangas hingga Pulau Rote.
Buku ini bertujuan untuk membangkitkan kembali semangat para pembaca, terutama bagi masyarakat Indonesia, untuk menghargai keindahan dan kekayaan alam negeri serta masyarakatnya. Selain itu, buku ini juga membukakan mata para pembaca terhadap beragam konflik, masalah, dan kerusakan alam yang disembunyikan, daerah-daerah yang terbengkalai, serta potret kehidupan masyarakat yang terlupakan di luar pulau Jawa akibat keterpincangan perekonomian di negeri ini.
Bagi Anda yang masih bermimpi untuk mengelilingi Indonesia, buku ini setidaknya akan menggelitik kepuasan khayalan Anda terhadap keindahan serta kekayaan negeri tercinta. (LN)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar