Minggu, 15 Maret 2015

Kepulauan Karimunjawa: Sepotong Surga Yang Terjangkau

Oleh: Valerie Krul

Setiap orang punya gambaran tentang surga. Bahkan, ada sebagian orang yang mengaku sudah pernah ke tempat yang menyerupai surga. Di Indonesia, banyak surga kecil yang bisa ditemukan. Indonesia merupakan negara besar dan terdiri dari banyak pulau. Jawa adalah pulau besar dengan penduduk yang padat, dan Bali mungkin pulau yang paling dikenal sebagai tempat turisme massal. Tapi, Indonesia masih memiliki lebih banyak pulau dan kepulauan lain yang luar biasa indahnya.
Satu contoh adalah Karimunjawa, sebuah kepulauan yang terletak di Jawa Tengah. Kepulauan itu terdiri dari dua pulau besar, yakni Karimunjawa dan Kemojan, yang menjadi tempat tinggal penduduk, dan beberapa pulau kecil. Di sana ada banyak pantai putih, hutan bakau (mangrove), pohon kelapa, warna air laut yang biru cerah, dan terumbu karang. Namun, jangan harapkan tempat ini sebagai Bali, karena di sana belum ada mall, resor mewah besar, hotel, restoran, dan hiburan malam. Karimunjawa benar-benar seperti surga yang semestinya: ada hutan pohon kelapa, pantai putih yang terbentang luas, terumbu karang di mana ada banyak binatang laut, dan belum ada pariwisata yang berskala besar. Namun, turisme massal akan muncul.
Kepulauan Karimunjawa: Surga Yang Terjangkau
Kalau mau pergi ke kepulauan Karimunjawa, Anda bisa naik kapal dan pesawat dari kota Jepara atau Semarang. Harganya tidak terlalu mahal. Kalau ingin pergi ke Karimunjawa, pergilah pada musim kemarau (kering) karena badai bisa terjadi pada musim hujan.
Karimunjawa mungkin memang belum menjadi pariwisata massal, tapi di sini juga ada low dan high season (dan harga akan berbeda). Mayoritas wisatawan yang mengunjungi Karimunjawa itu orang domestik dan orang Asia sekitarnya, yaitu dari Korea Selatan dan Jepang. Ada 3 pilihan untuk menginap, yakni homestay bersama orang lokal, hotel sederhana, atau di resor. Karena pariwisata Karimunjawa belum berskala besar – khususnya buat para wisatawan Barat – liburan di sana cukup murah. Karimunjawa juga sangat cocok untuk liburan berjangka pendek (misalnya beberapa hari).
Kepulauan Karimunjawa: Surga Yang Terjangkau
Di Karimunjawa, Anda bisa berjemur di pantai di antara pohon-pohon kelapa, berenang dan snorkeling di antara berbagai terumbu karang dan binatang laut, naik sepeda motor atau jalan-jalan di pulau, dan memotret foto-foto indah. Kini, semakin banyak aktivitas yang ditawarkan buat para wisatawan, seperti naik perahu mengunjungi beberapa pulau dan pantai indah sekitarnya di mana ada terumbu karang. Kebanyakan pemandu Indonesia kurang bisa berbahasa Inggris, tapi itu tidak menjadi masalah. Pemandu biasanya akan membawa air minum, alat snorkeling, dan kamera bawah air. Mereka akan memotret aktivitas selama perjalanan, dan kumpulan foto itu akan dibagikan kepada semua orang sesudah perjalanan. Pemandu juga akan menyediakan makanan, misalnya buah semangka segar dan nasi putih dengan ikan bakar. Anda akan melihat tempat dan pemandangan yang luar biasa dari Karimunjawa. Bahkan ada tempat di mana orang bisa berenang dengan hiu. Selama perjalanan Anda juga bisa melihat lumba-lumba! Singkatnya, Karimunjawa memang bisa dikatakan bagaikan surganya dunia. Kalau belum yakin, silakan kunjungi Karimunjawa, karena liburan di kepulauan ini pasti menyenangkan.

1 komentar:

  1. Foto orang yang sedang memegang terumbu karang merupakan tindakan yg dapat merusak karang itu sendiri,

    BalasHapus