Minggu, 15 Maret 2015

10 Pantai Terindah di Indonesia

Oleh: Valerie Krul
Indonesia merupakan negara kepulauan yang terdiri dari ribuan pulau besar dan kecil. Dengan jumlah pulau yang begitu banyak (lebih dari 17.500 pulau!), banyak pantai yang bisa ditemukan di sana. Bahkan bagi sebagian besar orang, Indonesia adalah negeri pantai. Dan pernyataan ini tidak salah karena Indonesia memang salah satu negara yang memiliki garis pantai terpanjang sedunia!
Yang menarik lagi, perairan Indonesia berada di daerah yang dikenal dengan nama Coral Triangle karena kekayaan alam yang terdapat di dalam  lautnya. Jadi, tidak heran jika banyak yang memilih Indonesia sebagai tempat melakukan aktivitas snorkeling atau menyelam.
Namun, karena banyaknya macam pantai yang terdapat di Indonesia sehingga dapat membuat Anda bingung memilih. Oleh karena itu, BelindoMag telah membuat daftar 10 pantai terindah Indonesia yang patut Anda kunjungi di bawah ini. Pantai mana saja yang pernah Anda kunjungi? Apakah kalian tahu pantai lainnya yang seharusnya masuk dalam daftar ini? Beri tahu kami!
1. Pantai Canggu (Bali)
Pantai ini dinobatkan CNN sebagai salah satu pantai terindah sedunia. Pohon kelapa, laut biru, dan beragam akomodasi bagus dapat ditemukan di sana. Pantai Canggu juga dikenal sebagai surganya para surfer, baik yang pemula maupun profesional.
2. Pantai-pantai di Kepulauan Derawan (Kalimantan)
Kepulauan Derawan adalah sebuah surga tropis yang menawan. Di sana, Anda akan temukan pantai pasir putih dengan laut biru kehijauan. Kehidupan bawah laut di sini juga luar biasa dan beberapa spesies di antaranya masih tergolong langka, seperti penyu hijau dan sisik, lumba-lumba, hiu-hiu, ubur-ubur, kima, dan lain-lain.
3. Pantai Liang (Maluku Tengah)
Pantai yang juga disebut Pantai Hunimua ini lebih dikenal dengan nama Pantai Liang karena terletak di Desa Liang. Di sini, belum ada pariwisata massal sehingga keaslian pantai Liang, dengan pasir putih dan laut jernihnya, masih sangat terjaga.
4. Pantai Nihiwatu (Sumba)
Pantai berpasir putih sepanjang 2,5 km ini sangat cocok bagi yang suka privacy. Yahoo Travel memasukkan Pantai Nihiwatu dalam daftar 10 pantai terbaik di Asia dan peringkat ke-17 sedunia menurut CNN. Pantai tersebut memiliki reputasi sebagai tempat sempurna untuk memancing, snorkeling, dan diving. Resort Nihiwatu dipilih sebagai akomodasi kedua terbaik di Indonesia.
5. Pantai-pantai di Pulau Peucang (Banten)
Pulau tersebut terletak di Ujung Kulon National Park. Pulau ini bagaikan surga fotogenik dengan pantai-pantainya yang indah serta kehidupan bawah laut yang mempesona. Selain itu, Anda juga dapat temukan satwa-satwa liar yang berkeliaran di sana, seperti monyet, rusa, merak, elang, dsb.
6. Pantai Ndaa (Sulawesi Tenggara)
Belum banyak informasi yang bisa didapatkan tentangnya karena pantai ini masih belum diraih pariwisata massal. Anda bisa bayangkan keaslian keindahan alam yang masih terjaga di sana. Untuk menuju ke Pulau Ndaa butuh sekitar 1 jam dari kawasan wisata Wakatobi. Sampai sana, bersiap-siaplah untuk berdecak kagum terhadap pemandangan surga kecil di depan mata Anda.
7. Pantai Pulau Belitung (Sumatra)
Pantai-pantai di pulau ini ditaburi pasir putih yang halus dan dihiasi batu-batu granit besar, menjadikan pantai ini cukup unik. Keindahan alam pantai di pulau ini sering menjadikannya sasaran setting film. Yang paling terkenal adalah film Indonesia Laskar Pelangi.
8. Pantai-pantai di Kepulauan Gili (Nusa Tenggara Barat)
Kepulauan Gili terdiri dari 3 pulau di dekat pulau Bali dan Lombok: Gili Trawangan, Gili Meno, dan Gili Air. Masing-masing pulau memiliki ciri khas tersendiri, namun semuanya menyajikan air laut yang bening, pasir putih halus, dan terumbu karang dan ikan hias yang eksotis.
9. Pantai Tanjung Bira (Sulawesi Selatan)
Pantai ini cukup populer di kalangan wisatawan dalam maupun luar negeri yang ingin menyaksikan keindahan alam serta laut beningnya. Di sana, Anda juga bisa temukan lokasi yang tepat buat snorkeling dan diving.
10. Pantai-pantai di Pulau Togean (Sulawesi Tengah)
Cara untuk datang ke sini memang masih sulit, tapi toh keindahan surga kecil ini tetap mampu menggaet wisatawan-wisatawan dari dalam maupun negeri. Pantai putih serta terumbu karangnya masih terjaga keasriannya dan lumba-lumba maupun paus sering ditemukan di perairannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar